Wednesday, 24 October 2012

Membuat Aplikasi Gudang Bagian VII (Membuat Laporan Stok Barang (Bermain Query) dan Export Laporan Stok ke Ms. Excell)

Untuk membuat Laporan Stok Barang pada Aplikasi Gudang ini, ada beberapa query yang akan kita buat, jadi pada kali ini saya akan sedikit share sedikit mengenai query, query merupakan object database yang berguna untuk memanipulasi data, manipulasi data ini maksudnya adalah bisa digunakan untuk memfilter data, sort data, dan melakukan perhitungan dengan logika selain itu query juga bisa dijadikan sebagai sumber data pada Form.
Query-query yang akan kita buat pada Aplikasi Gudang ini adalah query rekap beli, rekap jual, rekap retur beli, rekap retur jual, rekap stok, laporan stok.
Yang pertama akan kita buat adalah query rekap beli, pada menu ribbon di Aplikasi Gudang klik tab create lalu pilih query design, perhatikan gambar:
maka akan muncul dialog box show table, lalu pilih dbtransaksi_detail, lalu klik add, perhatikan gambar:
setelah itu masukkan field kode_barang, nama_barang, jlh_beli dan satuan yang ada pada tabel dbtransaksi_detail dengan cara double klik masing-masing field tersebut, lalu klik logo sigma (totals) , dan pada kolom jlh_beli di baris total ganti Group By menjadi Sum dan pada baris Criteria dari kolom jlh_beli ketikkan Is Not Null. Perhatikan gambar dibawah ini:
setelah itu simpan dengan nama Rekap Beli.
Lakukan hal yang sama untuk membuat query rekap jual, rekap retur beli, dan rekap retur jual, hanya jumlah nya yang ditentukan sesuai query yang dibuat, misalnya query rekap jual maka data yang diambil dari dbtransaksi_detail adalah jlh_jual. Simpan masing-masing query tersebut dengan nama Rekap Jual, Rekap Retur Jual, dan Rekap Retur Beli.
Tahap selanjutnya adalah kita akan membuat query rekap stok barang, caranya sama seperti membuat rekap beli tetapi data yang diambil adalah tabel dbbarang, lalu rekap beli, rekap jual, rekap retur jual dan rekap retur beli (untuk mengambil data dari query rekap beli, jual retur beli dan retur jual pada dialog box Show Table klik tab Query, lalu pilih query-query tersebut). Setelah itu rubah settingan relationship diantara tabel  dan query tersebut. Cara dengan klik kanan garis relationship yang tercipta secara otomatis dari tabel dan query tersebut kemudian klik join properties lalu plih "Include all records from dbbarang and only those records from rekap retur beli/rekap retur jual/rekap beli/rekap jual (tergantung dari dengan query mana yang akan di hubungkan) where the joined fields are equal.  Perhatikan gambar dibawah ini:

Lalu pilih field yang akan dimasukkan dalam query rekap stok barang ini:
kode_barang, nama_barang, satuan: dari dbbarang
SumOfjlh_jual: dari rekap jual
SumOfjlh_beli: dari rekap beli
SumOfjlh_retur_masuk: dari rekap retur beli
SumOfjlh_retur_jual: dari rekap retur jual
Sehingga tampilan query rekap stok barang akan terlihat seperti ini:
Pada kolom kosong disebelah satuan, tambahkan field baru sebagai berikut:
Jumlah Beli: IIf([sumofjlh_beli] Is Null,0,[sumofjlh_beli])
Jumlah Jual: IIf([sumofjlh_jual] Is Null,0,[sumofjlh_jual])
Jumlah Retur Beli: IIf([sumofjlh_retur_masuk] Is Null,0,[sumofjlh_retur_masuk])
Jumlah Retur Jual: IIf([sumofjlh_retur_jual] Is Null,0,[sumofjlh_retur_jual])
Stok Akhir: [Jumlah Beli]-[Jumlah Jual]-[Jumlah Retur Beli]+[Jumlah Retur Jual]
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
Setelah itu simpan query tersebut dengan nama Rekap Stok Barang
Untuk membuat Laporan Stok Barang caranya adalah buat query baru yang datanya diambil dari query rekap stok barang, dengan urutan field sebagai berikut: kode_barang, nama_barang, Jumlah Beli, Jumlah Jual, Jumlah Retur Jual, Jumlah Retur Beli, Stok Akhir. Untuk field kode_barang, nama_barang, dan satuan rubah menjadi "Kode Barang = kode_barang", "Nama Barang = nama_barang", satuan = Satuan. Perhatikan gambar:
Setelah itu simpan dengan nama Laporan Stok Barang.

Pembahasan yang terakhir dari postingan kali ini adalah cara ekspot laporan stok barang ke Ms. Excel. Seperti penjelasan dari  query di atas bahwa data dari query bisa dijadika sumber data pada form, maka kali ini kita akan membuat Form Laporan Stok Barang, caranya seperti membuat Form pada pembahasan sebelumnya yaitu klik Form Wizard pada ribbon menu lalu pilih query: laporan stok barang, kemudian masukkan semua field dari query tersebut, klik next, pilih tabular pada pilihan layout form, klik next, lalu pilih northwind, klik next, lalu beri nama Laporan Stok Barang. Setelah form tercipta pada settingan property form rubah nilai pop up: yes, min max: none, navigation button: no, record selector: no.
Sehingga tampilan form Laporan Stok Barang akan terlihat seperti ini:
Untuk mengexport laporan stok barang ke Ms. Excell, buat dahulu command button dan letakkan button tersebut di header form laporan stok, setelah itu klik kanan button tersebut lalu pilih build event, lalu pilih macro builder, perhatikan gambar dibawah ini:

maka akan muncul jendela macro seperti ini:
pada kolom Action pilih OutputTo lalu pada Action Argument di paling bawah pada pilihan Object Type pilih Query, Object Name pilih Laporan Stok Barang, Output Format pilih Excel 97 - Excel 2003 Workbook (*.xls), Auto Start pilih Yes. Setelah itu simpan lalu close. Rubah nama button menjadi To Excel.
Sehingga tampilan form Laporan Stok Barang akan menjadi seperti ini:
Setelah tombol To Excel di klik akan muncul dialog box Output To dengan nama file otomatis sesuai query nya yaitu Laporan Stok Barang.
Tampilan setelah di Ms Excell:
Demikian cara membuat Laporan Stok dan Export ke Ms Excel, apabila ada pertanyaan dan bila saya ada kesalahan dalam postingan ini mohon di komentari pada kolom komentar dibawah postingan ini, hehehehe...
Terima Kasih sudah membaca postingan saya ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.



5 comments:

  1. om tutorial yg 1 dan 4 nya mana koq gak bisa diakses

    ReplyDelete
  2. izin praktek gan, mudah2an ilmunya bermanfaat dan berkah, aamiin..
    dan tak lupa terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  3. terimakasi gan.....jazakumullah

    ReplyDelete
  4. saya mau tanya klo untuk menampilkan rekapan'a selama perbulan itu gimana yah ???

    ReplyDelete
  5. Gan Kobsteach,

    Semua Tutor agan udah ane praktekin dan 100% berhasil. Ada beberapa yang ane kustom sesuai keperluan.
    Btw, ada seri ke VIII gak nih gan? Ane mau belajar lebih banyak lagi. Mungkin smuanya ini bisa dicompile jadi 1 program exe.

    Makasih banyak ya gan. Banyak berkat dan anugrah buat agan.

    ReplyDelete