Tuesday 23 October 2012

Membuat Aplikasi Gudang Bagian VI (Membuat Form Input Data Penjualan, Retur Penjualan, dan Retur Pembelian Secara Cepat, Mudah, TANPA RIBET!!!)

Untuk membuat Form Input Data Penjualan, Form Input Data Retur Penjualan dan Form Input Data Retur Pembelian caranya sama dengan membuat Form Input Data Pembelian yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hanya bedanya adalah pada Subform dari masing-masing Form tersebut. 
Mungkin teman-teman yang sering membuat Aplikasi atau Software dengan menggunakan Ms. Access sering merasa capek karena harus membuat Form yang begitu banyak, dan harus mensetting ukuran dari masing-masing Form tersebut agar setiap Form yang ditampilkan menjadi kelihatan rapih dan keren tentunya, hehehe..., eits tunggu dulu...ada caranya lho membuat Form menjadi lebih cepat dan rapih..... 
Oke, pada hari ini saya akan sharing mengenai membuat Form dengan cara yang cepat. Apabila teman-teman mengikuti tulisan saya sebelumnya dan mencoba membuat Aplikasi Gudang, mohon dibuka kembali Aplikasi Gudang yang sudah dibuat sebelumnya hehehehe...
Baiklah, cara nya adalah sangat gampang, dengan melakukan Copy Paste Form yang sudah dibuat sebelumnya dan sedikit settingan untuk merubah data form yang diambil dari data tabel bersangkutan.
Perhatikan gambar dibawah ini:
Klik kanan pada Form Input Data Pembelian yang sudah kita buat sebelumnya, lalu klik Copy setelah itu Klik kanan didaerah Task Pane kemudian klik Paste, lalu rubah nama Formnya menjadi Input Data Penjualan. Lakukan hal yang sama dengan Form Subform Input Data Pembelian, kemudian simpan Subform tersebut dengan nama Subform Input Data Penjualan. 

Langkah selanjutnya adalah buka Subfrom Input Data Penjualan dengan tampilan Design View, kemudian pada text box jlh_beli ganti datanya menjadi jlh_jual, caranya pada property sheet klik tab data kemudian pada baris control source ganti nilainya menjadi jlh_jual, setelah itu Label Jumlah Beli dirubah menjadi Jumlah Jual. Perhatikan gambar:
Jangan lupa disave yah, hehehehe....

Selanjutnya buka dalam tampilan Design View Form Input Data Penjualan yang telah di copy dari Input Data Pembelian, lalu ganti Label pada Header Formnya menjadi Input Data Penjualan, kemudian ganti caption untuk form tersebut di property sheet dan rubah menjadi Input Data Penjualan. 

Kemudian pada Subform Input Data Pembelian yang ada pada Form Input Data Penjualan dirubah menjadi Subform Input Data Penjualan, caranya adalah dengan masuk di Property Sheet untuk subform tersebut kemudian pada tab data Source Objectnya di ganti menjadi Subform Input Data Penjualan.
Sehingga tampilan Input Data Penjualan menjadi seperti ini:
Nah lakukan hal yang untuk Form Input Retur Penjualan dan Retur Pembelian, sehingga dari masing-masing Form tersebut akan terlihat seperti ini:



No comments:

Post a Comment