Tuesday, 2 October 2012

Membuat Aplikasi Gudang Bagian III (Membuat Form Data Barang)

Apa kabar teman-teman?? Doa saya semoga kita semua selalu sehat, baik, luar biasa dan selalu dalam perlindungan Tuhan serta berlimpah rahmat dan rejeki dari Tuhan, Amin.

Saat ini saya akan melanjutkan postingan saya sebelumnya mengenai cara membuat Aplikasi Gudang dengan menggunakan Ms. Access 2007. Pada postingan kali ini saya akan sharing cara membuat User Interface pada Aplikasi Gudang, user interface pada Ms. Access bisa kita buat dengan menggunakan Form yang tersedia dalam Ms. Access. Untuk menghasilkan tampilan yang lebih komunikatif, maka dibutuhkan suatu interface yang dapat membantu pengguna atau operator dalam menjalankan suatu program aplikasi. Salah satu interface yang disediakan oleh microsoft Access adalah Form.
Form pada Ms. Access berguna untuk menampilkan field-field dari database yang dibutuhkan dalam format tampilan yang menarik dan untuk memanipulasi record dan juga data. Memanipulasi disini maksudnya adalah data yang ada dapat kita kembangkan sesuai kebutuhan kita, sehingga dapat memudahkan kita dalam mengambil keputusan lebih khususnya keputusan bisnis, contoh dari Aplikasi Gudang ini adalah dengan data yang ada kita nanti dapat mengetahui berapa banyak suatu barang masuk atau keluar dalam satu bulan terakhir, kategori barang apa yang banyak keluar dari gudang, dan sebagainya.

Ada 6 buah form yang akan kita buat untuk Aplikasi Gudang ini, yaitu:
1. Form Input Data Barang
2. Form Setup Kategori Barang
3. Form Input Pembelian
4. Form Input Penjualan 
5. Form Input Retur Pembelian
6. Form Input Retur Penjualan

Baiklah sampai disini saya rasa teman-teman sudah mengerti mengenai pembuatan interface pada Ms. Access.
1. Membuat Form Input Data Barang
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka Aplikasi Gudang yang telah kita buat sebelumnya, lalu pada ribbon menu klik Create lalu pilih More Form kemudian klik Form Wizard, lihat gambar dibawah ini:
Lalu akan muncul dialog box Form Wizard:
Setelah itu klik Next, lalu pilih layout yang Columnar,  lalu klik Next, lalu akan muncul pilihan style untuk interface yang akan dibuat, pada contoh ini saya memilih yang Median, lalu klik Next, kemudian pada text box "what title do you want for your form?" teman-teman ketikan "Input Data Barang", lalu pilih "Modify the form's design", lalu klik finish, maka akan tampil seperti ini: 
Perhatikan pada gambar tombol "Button" yang dilingkar merah dan "Label" yang dilingkar hijau, pertama-tama kita akan membuat dulu tombol perintah untuk interface input data barang. Tombol yang akan kita buat adalah tombol "Data Baru" dan "Simpan Data". Caranya adalah klik tombol "Button" lalu pada kolom "Categories" pilih "Record Operations" dan pada kolom "Actions" pilih "Add New Record", setelah itu klik Next lalu pilih Text dan ketikkan "&Data Baru" (tanpa tanda kutip), klik Next lalu beri nama "Data Baru"  , lalu klik Finish, lihat gambar dibawah ini:



Tombol kedua yang akan kita buat disini adalah tombol Simpan Data caranya sama dengan membuat Tombol Data Baru tetapi pada kolom "Categories" pilih "Record Operations" dan pada kolom "Actions" pilih "Save Record" setelah itu klik Next lalu pilih Text dan ketikkan "&Simpan Data" (tanpa tanda kutip), klik Next lalu beri nama "Simpan Data", lalu klik Finish.

Jika sudah sekarang kita akan mengubah property Form untuk memperindah tampilan Form Input Data Barang. Caranya adalah klik kanan pada area kosong di Form lalu klik "Properties":
Pada Property Sheet pilih Form lalu ganti/rubah :
Pop Up = Yes
Auto Center = Yes
Record Selectors = No
Navigation Buttons = No
Dividing Lines = No
Scroll Bars = Neither
Min Max Buttons = None
Perhatikan gambar:
Kemudian rubah ukuran button yang telah kita buat tadi dengan ukuran Width= 2.501cm dan Height= 0.751cm

Label yang tadi pada gambar dilingkar hijau, diganti menjadi: 
kode_barang = Kode Barang
nama_barang = Nama Barang
satuan = Satuan
kategori_barang = Kategori Barang

Sehingga Form yang dibuat akan menjadi seperti ini:
Demikian dulu untuk hari ini mengenai membuat Form pada Ms Access 2007, saya akan melanjutkan sharing mengenai membuat Form Kategori Barang, Input Pembelian, Penjualan, Retur Pembelian, Retur Penjualan, jadi tunggu kelanjutan postingan saya selanjutnya di blog kita yang tercinta ini yah....hehehehehe..... 


1 comment:

  1. saya mau tanya nih..ini kan emmm katakan lah software stok barang...barang kluar dan barang masuk itu pasti ke save kan?trus klo pengen tau aktifitas stok barang kluar/masuk per minggu dan per bulan gimana yah buat software nya?trus supaya aktifitas dari software itu otomatis print per minggu dan per bulan gimana cara yah?bisa ajarin saya dikit buat software seperti itu gak?

    ReplyDelete